Cara Membuat Iklan di Instagram Ads | Pixabay |
Saat ini sosial media bukan hanya sekedar platform penunjang komunikasi dan hiburan saja, tapi sudah menjelma jadi penunjang bisnis yang efektif, bukan hanya sebagai media promosi, tapi juga sebagai media penjualan.
Salah satu yang sedang dilirik banyak pebisnis adalah Instagram Ads. Fitur periklanan dari Meta tersebut dianggap sebagai salah satu fitur terbaik yang dapat mendongkrak tingkat penjualan dari bisnis yang sedang kamu jalankan.
Mengenal Instagram Ads
Seperti disinggung sebelumnya, Instagram Ads merupakan platform advertising atau periklanan yang ada di sosial media Instagram. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan kamu untuk menampilkan iklan di feed dan Instagram Stories.
Untuk membuat iklan di Instagram sendiri sebenarnya sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan fitur bisnis di Facebook, dan proses pembuatan iklan di Facebook Ads, dimana keduanya berada di bawah naungan Facebook Ads Manager.
Jadi, langkah-langkah pembuatan iklan dengan Instagram Ads hampir mirip dengan cara membuat iklan dengan Facebook Ads. Persyaratannya pun sama dengan Facebook Ads, kamu hanya perlu membuat Facebook saja.
Keuntungan Menggunakan Instagram Ads
Dengan Instagram Ads, kamu bisa menjangkau target audience yang jauh lebih tinggi, meningkatkan engagement dengan konsumen, dan berpeluang meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa.
Selain itu, berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan Instagram Ads.
Meningkatkan brand awareness. Selain itu, dengan Instagram Ads kamu juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan yang lebih tinggi.
Karena jangkauannya sangat luas, Instagram Ads akan mampu menjangkau pelanggan yang lebih tinggi dan menghemat budget promosi.
Instagram termasuk sosial media dengan jumlah pengguna yang sangat tinggi, sehingga mampu memaksimalkan jangkauan target audience.
Membantu menyediakan data evaluasi promosi, yang berpeluang meningkatkan penjualan dengan cara mengoptimalkan fitur insight.
Instagram Ads juga dapat membantu mengoptimalkan penjualan dengan cara memisahkan mana target audience yang berpotensi melakukan pembelian, dan mana audience yang sulit melakukan pembelian.
Cara Membuat Instagram Ads
Untuk membuat Instagram Ads sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:
Buka Facebook Ads Manager
Pilih pembuatan iklan terpandu
Tentukan tujuan beriklan
Klik tujuan iklan kamu
Pilih jenis iklan yang ingin ditampilkan
Tulis nama iklan, kemudian pilih tujuan trafik
Tampilkan promo
Tentukan target audience yang ingin dicapai.
Tentukan penempatan, dan pilih jadwal
Hubungkan dengan akun Instagram
Pilih format iklan
Buat teks, kemudian tulis judul, pilih gambar dan masukkan Tautan
Lakukan pembayaran.
Agar efek dari Instagram Ads ini lebih dahsyat, pastikan kamu mengoptimalkan fitur Instagram Stories untuk menampilkan promo-promo terbaru. Selain itu, tingkatkan terus kualitas kontennya agar pelanggan tertarik dengan iklan yang kamu tawarkan.
Selain itu, tetap konsisten dengan bisnis yang kamu jalankan. Hari ini mungkin belum ada pembeli, tapi yakinlah kondisi ini akan segera berubah di waktu yang akan datang. Selamat mencoba, dan semoga berhasil.